PENDAFTARAN PESERTA WORKSHOP FOTO PRODUK
Mohon dibaca dan dicermati secara teliti
Sign in to Google to save your progress. Learn more
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang

Salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah pembangunan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di Indonesia, pembangunan UMKM merupakan upaya dalam menanggulangi pengangguran, memerangi kemiskinan juga upaya untuk pemerataan pendapatan. Bila dilihat dari jumlah unit usahanya yang cukup banyak dan beragam di berbagai sektor ekonomi dan kontribusinya terhadap penciptaan kesempatan kerja, UMKM menjadi salah satu motor penggerak bagi pembangunan ekonomi dan komunitas lokal. UMKM sangat diharapkan menjadi salah satu pemain penting dalam penciptaan pasar baru di dalam maupun luar negeri. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Koperasi, jumlah UMKM dari tahun ke-tahun terus mengalami peningkatan sedangkan jumlah usaha besar cenderung berfluktuatif.

Hal ini menandakan bahwa dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan yang penting karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik disektor tradisional maupun modern. Pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia yang semakin hari kian melonjak pesat, mau tidak mau mendorong para pelakunya untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran.

Seperti kita ketahui bersama, strategi pemasaran sering kali diibaratkan sebagai jantung kehidupan sebuah usaha. Karenanya saat ini para pelaku UMKM harus bisa jeli dan teliti dalam menciptakan strategi pemasaran yang tahan banting di tengah ketatnya persaingan pasar. Pelaku UMKM harus semakin kreatif dan bisa menentukan komoditas apa saja yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran sehingga memiliki aturan analisis dalam dunia pemasaran modern yang kelak bisa digunakan untuk melacak dan mengukur potensi pasar.

Salah satu hambatan yang ditemui pelaku UMKM di wilayah Sumatera Barat adalah masalah manajemen pemasaran, terutama dalam memberikan pemahaman kepada para konsumen tentang produk. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Pemasaran UMKM harus mampu memanfaatkan pemasaran berbasis online. Pelaku UMKM juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam dokumentasi foto produk, termasuk editing foto untuk dapat mempublikasikan produknya dan memiliki nilai publikasi yang tinggi.

Dalam kerangka inilah Perpustakaan Nasional RI dalam hal ini UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam mengimplementasikan paradigma kegiatan yang berbasis inklusi sosial, akan mengadakan kegiatan Workshop Foto Produk: sebagai media peningkatan nilai jual.

Selain itu, pelatihan ini juga dapat menjadi ajang pertemuan para pelaku UMKM di wilayah Sumatera Barat, sehingga dapat mempererat tali sliaturahmi dan memperluas jaringan.

2. Maksud dan Tujuan

Kegiatan Workshop Foto Produk Sebagai Media Peningkatan Nilai Jual ini dimaksudkan untuk membekali peserta agar menguasai teknik pembuatan media promosi produk melalui media fotografi. Kegiatan Workshop Foto Produk Sebagai Media Peningkatan Nilai Jual bertujuan untuk memberikan ilmu tentang teknik pembuatan media promosi produk melalui media fotografi dan punya nilai komersil.

KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN
Workshop Foto Produk: sebagai media peningkatan nilai jual merupakan salah satu kegiatan yang menunjang tercapainya target kinerja yang sudah ditetapkan untuk UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Keluaran dari hasil pelaksanaan kegiatan ini adalah terlaksananya Workshop Foto Produk Sebagai Media Peningkatan Nilai Jual untuk 75 (tujuh puluh lima) orang peserta yang dapat menerapkan pengetahuan yang diperolehnya selama pelaksanaan pelatihan. Indikator kinerja kegiatan ini yaitu:

1. Terlaksananya kegiatan Workshop Foto Produk Sebagai Media Peningkatan Nilai Jual untuk 75 (tujuh puluh lima) orang peserta.
2. Terkumpulnya hasil karya peserta workshop.
3. Terpilihnya salah satu peserta sebagai tokoh dalam pembuatan video impact story untuk tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Subtansi Koordinator Layanan Informasi Perpustakaan berkolaborasi dengan subtansi lainnya di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Adapun yang bertanggung jawab langsung terhadap pelaksanaan kegiatan ini adalah Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Penerima manfaat kegiatan ini adalah peserta atau masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan

PELAKSANAAN WORKSHOP
1. Nama Kegiatan: Workshop Foto Produk: sebagai media peningkatan nilai jual
2. Hari : Selasa - Kamis
3. Tanggal : 15, 16, 17 November 2022
4. Waktu : 08.30 – 16.00 WIB
5. Tempat : Balai Sidang Bung Hatta, Novotel Bukittinggi
6. Pemateri:
    a. Herry TjiangCommercial and food photography | Teaching photography at Jakarta School Of Photography, ACS Jakarta, Universal school | Writer and Contibutor at Digital Camera magazine, Elex Gramedia, xpressair
    b. Astrid Febrina Rizal, Food Photographer, Stylist & Tutor. | Contributor for LINKERS (citilink magz) | Food Photographer and stylist for Dapur Cokelat | Collaborate with many Celebrities (Ivan Gunawan, Baim Wong) and many Brands.
    c. Reiza Nurrafi, Strategist and Visual Conceptor | Social media management | Collaborate with many brands and companies to direct their visual presentation on digital platform.

PERSYARATAN PESERTA
Persyaratan Peserta Workshop Foto Produk: Sebagai Peningkatan Nilai Jual berguna untuk penjaringan peserta workshop. Adapun persyaratan peserta workshop adalah:

1) Warga Negara Indonesia (WNI),
2) Usia minimal 17 Tahun,
3) Sehat jasmani dan rohani,
4) Patuh terhadap penerapan Protokol Kesehatan,
5) Merupakan Pelaku UMKM, diutamakan memiliki produk yang di jual
6) Memiliki Smartphone dan familiar dengan penggunaan aplikasi editing foto.
7) Bersedia dan berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian Workshop sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,
8) Bersedia mentaati peraturan yang berlaku.

Setiap Peserta akan mendapatkan fasilitas:
1. Sertifikat mengikuti Workshop selama 18 Jam Pelatihan,
2. Uang Transportasi lokal selama 3 (tiga) hari,
3. Makan siang dan kudapan,
4. Perlengkapan peserta, meliputi Totebag, ID Card, Buku Memo, dan Pulpen. 
5. Perlengkapan Praktek, meliputi Studio Mini Box 40 Cm, Lighting dan Tripod Smartphone.

Ketentuan lainnya terkait peserta:
1. Peserta workshop tidak dipungut biaya,
2. Peserta bukan merupakan pasien positif Covid-19,
3. Peserta mengenakan pakaian bebas, rapi dan mengenakan alas kaki tertutup,
4. Tidak diperkenankan membawa makanan dari luar, kecuali atas kebutuhan medis,
5. Wilayah asal peserta tidak dibatasi, namun penyelenggara tidak menyediakan penginapan

PENDAFTARAN PESERTA
1. Pendaftaran ditutup 30 Oktober 2022. Jika kuota peserta telah terpenuhi maka pendaftaran dapat ditutup lebih cepat.
2. Peserta mengisi formulir pendaftaran secara daring melalui tautan berikut: s.id/fotoprod
3. Peserta mengisi formulir pernyataan bersedia mengikuti workshop
4. Jumlah peserta terbatas dan dilakukan seleksi. Konfirmasi peserta yang lolos seleksi H-4 sebelum pelaksanaan workshop berlangsung oleh penyelenggara

Hal yang belum diatur dalam petunjuk teknis pelaksanaan ini akan diatur kemudian. Informasi Workshop dilihat pada:
Website: upt-perpusbunghatta.perpusnas.go.id
Instagram: @uptppbh
Facebook: PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA

Narahubung melalui: 0822 1935 3433 | 0852 1994 6355 | 0812 6180 9700
Next
Clear form
Never submit passwords through Google Forms.
This content is neither created nor endorsed by Google. Report Abuse - Terms of Service - Privacy Policy