School of Creativepreneurship
Visi: Mewujudkan insan muda Indonesia yang bertakwa, cakap, kreatif dan berjiwa wirausaha sesuai potensi minat dan bakat serta berdaya saing global untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya
Misi: 1). Melaksanakan pendidikan non formal; pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C, pendampingan homeschooling, pembelajaran jarak jauh, pelatihan / lifeskill, pendidikan masyarakat, Taman Bacaan Masyarakat yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat
2). Mengembangkan potensi kekuatan peserta didik untuk mencapai hasil yang optimal sesuai bakat minatnya
3). Mengembangkan karakter mandiri, adaptif, kreatif, inovatif dan produktif, cerdas emosional dan spiritual.
4). Mengembangkan dan meningkatkan usaha-usaha produktif di komunitas dengan menggunakan model dan pengelolaan usaha yang professional
5). Melakukan pembinaan dan pendampingan kelompok masyarakat yang menjadi binaan
IC School – PKBM Insan Cerdas Indonesia dengan konsep flexi school, memberikan lingkungan yang ramah, nyaman dan aman bagi anak seperti rumah dan keluarga kedua dengan tetap fokus pada pengembangan karakter, bakat dan potensinya untuk menjadi insan bermanfaat di masa depan.
Sejak tahun ajaran 2022/2023, PKBM Insan Cerdas Indonesia sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara Mandiri Berbagi, diawali dengan kelas 1, 4, 7 dan 10. Pada tahun 2024/2025, PKBM Insan Cerdas Indonesia mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara penuh pada seluruh kelas. Dan dengan berlakunya Peraturan Mendikbudristek No. 12 tahun 2024, Kurikulum Merdeka telah ditetapkan secara resmi menjadi kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk seluruh satuan pendidikan di Indonesia.
Pemberdayaan dan Keterampilan yang menjadi ciri khas Kurikulum Pendidikan Kesetaraan sudah diterapkan sejak IC School didirikan, yaitu pada tahun 2012.
Dengan menekankan banyak aktivitas, beragam, berinteraksi dan berulang-ulang akan dapat mengasah bakat dan minat peserta didik untuk mencapai potensi terbaiknya.
IC School juga menggunakan Fitrah Based Education dalam pengembangan aktivitasnya.
Asesmen diagnostik yang dilakukan di IC School meliputi :
- Psikotest
- Multiple Intelligent Research
- Talents Mapping
Asesmen tersebut penting untuk membantu memberikan data dan informasi bagi pendidik dalam melakukan pendampingan peserta didik.
Asesmen awal pada masing-masing mata pelajaran dilakukan oleh masing-masing pendidik.