Hal yang diperhatikan sebelum merekrut admin logistik: tugas dan gaji
Business - WarehouseBusiness - Logistic

Business: Sebelum Merekrut Admin Logistik Ketahui 5 Hal Penting Ini

Team Workmate
15 Nov 2021
Bagikan Artikel Ini
Facebook Icon
Twitter Icon
LinkedIn Icon

Admin logistik berperan sebagai mengurus administrasi sebuah perusahaan. Bisa dibilang admin logistik ini berperan untuk mengelola barang seperti, pengadaan, penyimpanan, dan pemeliharaan.

Kami telah merangkum beberapa poin penting:

  • Tugas admin logistik
  • Gaji
  • Tips merekrut admin logistik

Pertama, mari kita bahas dari segi tugas ideal seorang admin logistik.

Seperti Apa Idealnya Tugas Seorang Admin Logistik?

Tugas seorang admin logistik

1. Melakukan pengadaan dan pemrosesan barang

Seorang admin logistik memiliki tugas pengadaan barang, termasuk melakukan pemrosesan pemesanan barang yang akan siap kirim. Detail pekerjaan lainnya harus memahami arus rantai pasokan barang, aset dan juga sistem pengiriman. Karena proses pengiriman ini memiliki sistem dan log pengiriman yang harus diisi oleh admin. 

2. Mengoperasikan perangkat lunak perlogistikan dan monitoring

Tugas admin logistik yang cukup penting dan menjadi inti pekerjaan mereka adalah melakukan pencatatan. Pencatatan yang dilakukan biasanya menggunakan software ERP ataupun administrasi lainya. beberapa dokumen yang harus dikelola adalah seperti pengambilan data penerimaan barang (GRN), dokumen pendistribusian, collection, serta filling.

Seorang admin logistik harus mampu mengoprasikan perangkat lunak pengiriman, agar bisa melakukan pelacakan sistem pengiriman. Agar tepat waktu dan memastikan tidak ada kendala pengiriman. Serta menjaga komunikasi dengan kurir, agar tidak miss dalam pengiriman dan mengefektifkan pengiriman.

3. Melakukan perbaruan catatan persediaan dan lokasi barang

Seorang admin logistik harus senantiasa update dengan catatan stok barang. Karenanya, catatan yang dibuat harus sesuai dengan barang yang masuk dan keluar. Dalam waktu tertentu, biasanya perusahaan melakukan penyesuaian cek fisik atau biasa dinamakan stock opname.

4. Membuat laporan administrasi

Seorang admin bertugas untuk memastikan bahwa gudang bisa menampung barang datang dan penataannya sesuai kategori barang. Peletakan barang, dan memastikan muat atau tidaknya sehingga bisa melakukan analisa ketersediaan barang cukup antara pemesanan dan ruang yang  tersedia.

5. Melakukan koordinasi dengan staf internal dan berkomunikasi dengan vendor

Tugas admin logistik juga melakukan proses kordinasi perihal pengiriman dan sistem pemesanan stok, mengkomunikasikan terkait jadwal dan sistem pengiriman, atau menghadapi persoalan negosiasi waktu harga pada vendor. Jadi, selain kordinasi dengan staff gudang, atau kurir admin juga bertugas memastikan tiap transaksi lancar dengan para vendor. 

6. Mengecek Surat dan Transaksi yang Masuk-Keluar Gudang

Di sini, admin logistik juga melakukan pengiriman tagihan dan melakukan pengecekan permintaan. 

Lalu, posisi ini juga membuat log data yang terkait dengan administrasi logistik ke dalam sistem pengiriman. Serta, bisa menyiapkan beberapa dokumen pengiriman hingga pemanasan. 

Berapa Gaji Staff Admin Logistik?

Mengutip Indeed, rata-rata gaji staff admin logistik sampai 29 Oktober 2021 sekitar RP2,64 juta per bulan. Namun, angka itu tidak fix karena akan disesuaikan dengan UMR yang berlaku di daerah masing-masing. 

Misalnya, Jakarta menjadi yang tertinggi dengan mengupah admin logistik senilai Rp7,04 juta per bulan. Bandung menyusul di posisi kedua senilai Rp5,31 juta per bulan. Lalu, bogor menjadi yang ketiga terbesar, yakni Rp3,43 juta per bulan. 

Tips Merekrut Admin Logistik

Tips merekrut admin logistik

Salah satu tips merekrut admin logistik adalah menetapkan standar pekerja yang ingin direkrut. Rata-rata admin logistik tidak terlalu mempertimbangkan rekam jejak pendidikan. 

Rata-rata memasang kualifikasi minimal SMA/SMK/Diploma-3. Lalu, paling penting adalah memilih calon karyawan yang komunikatif. Soalnya, admin logistik bakal bersinggungan dengan banyak pekerja dari berbagai divisi. 

Selain komunikatif, carilah mereka yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya yang memerlukan ketelitian dan kedisiplinan, serta mampu mengeoperasikan komputer dan software pendataan, minimal seperti excel.

Lalu, bagaimana cara agar mudah mendapatkan talent admin logistik yang berkualitas?

Ada beberapa cara untuk merekrut admin yang berkualitas:

Selain software rekrutmen, ke empat cara lainnya memungkinkan Anda untuk mendapatkan calon pekerja yang kurang berkualitas, Anda juga perlu untuk melakukan seleksi satu per satu untuk menemukan kandidat yang paling sesuai.

Software rekrutmen memberikan Anda akses langsung untuk merekrut kandidat berkualitas yang sudah diseleksi terlebih dahulu oleh sistem AI, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu lagi untuk menyeleksi calon pekerja.

Workmate menyediakan banyak talent dan jasa layanan untuk sumber daya manusia sebuah perusahaan. Anda bisa menggunakan Workmate sebagai solusi rekrutmen yang lebih efisien.

Perlu merekrut peran staff gudang lainnya? Simak tips merekrut staff gudang lainnya untuk mencapai proses rekrutmen yang lebih baik.

Tentang Kami

Workmate memiliki 30,000+ pekerja dalam worker pool kami yang berstatus PKHL atau pekerja harian yang siap bekerja dengan Anda, Anda hanya perlu membuat staff request dalam platform kami, maka pekerja dapat segara bekerja. Anda juga tidak perlu ragu lagi perihal kualitas, karena kami telah melakukan seleksi pada tiap pekerja kami dan mencocokkan dengan kualifikasi pekerja yang Anda butuhkan dengan teknologi AI kami.

Tidak hanya itu saja, Workmate dapat menjadi solusi manajemen tenaga kerja harian Anda secara menyeluruh — dari penjadwalan shift, absensi hingga memonitor performa manajemen tenaga kerja.

Tags:Business - WarehouseBusiness - Logistic
Bagikan Artikel Ini
Facebook Icon
Twitter Icon
LinkedIn Icon
Subscribe to our Blog
We will send you updates on new, relevant articles that can help your business!