TES DIAGNOSTIK SPENDUMA
21 s/d 22 Juli 2022
Dokumen Perpustakan Prapanca SMPN 2 Maron
Penilaian diagnostik bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya (Suwarto, 2012: 134). Merupakan solusi solutif untuk keperluan bimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-kasus dan lain-lain. Tentunya instrumen soalnya disusun sedemikian rupa agar dapat ditemukan jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik.
Apabila alat yang digunakan dalam penilaian cukup memenuhi persyaratan, maka dengan melihat hasilnya, guru akan mengetahui kelemahan siswa (Mardapi, 2012: 171). Di samping itu, diketahui pula sebab-sebab kelemahan yang ditimbulkan. Jadi dengan mengadakan penilaian, sebenarnya guru mengadakan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan kelemahannya. Dengan diketahuinya sebab-sebab kelemahan ini, akan lebih mudah megetahui solusi solutifya.
Tes adalah suatu jenis instrument berbasis data. Data tidak akan berarti bila tidak diolah dan ditindaklanjuti agar tidak sebagai pengisi kegiatan penggugur kewajiban.
Tes yang diselenggarakan di SPENDUMA ada dua jenis:
Ranah guru mapel untuk mendeteksi faktor hambatan dan membantu kesulitan atau mengatasi hambatan yang dialami peserta didik waktu mengikuti kegiatan pembelajaran pada suatu mata pelajaran.
Ranah guru BP untuk mendeteksi potensi, tipe belajar, kondisi psycologis serta faktor-faktor lingkungan penghambat dan membantu kesulitan atau mengatasi hambatan yang dialami peserta didik waktu mengikuti kegiatan pembelajaran disemua mata pelaaran.