Capaian Pembelajaran
Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya dan memahami struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi dalam rangka mitigasi bencana
Indikator Berpikir Kritis
1. Memberikan penjelasan sederhana
2. Membangun keterampilan dasar
3. Menyimpulkan
4. Memberikan penjelasan lebih lanjut
5. Mengatur strategi dan taktik
Peserta didik dapat mendeskripsikan lapisan penyusun bumi berupa wujud, kandungan di dalamnya, suhu dan kedalamannya serta peristiwa gempa bumi.
Peserta didik dapat mengurutkan lapisan atmosfer serta ciri-cirinya
1. Inti bumi terdiri dari inti dalam yang padat dan inti luar yang cair, terutama terdiri dari besi dan nikel
2. Mantel bumi merupakan lapisan di atas inti yang terdiri dari batuan cair dan padat. Mantel ini berperan dalam gerakan lempeng tektonik
3. Kerak bumi merupakan lapisan terluar yang terdiri dari kerak samudra dan kerak benua
4. Lempeng tektonik adalah bagian besar kerak bumi yang bergerak akibat tekanan dalam mantel
5. Dampak dari gerakan lempeng ini termasuk gempa bumi, gunung berapi dan pergeseran tanah
6. Gempa bumi adalah getaran di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi. Penyebabnya termasuk gerakan lempeng tektonik dan aktivitas vulkanik
7. Gelombang tsunami adalah gelombang laut besar yang dihasilkan oleh gangguan di dasar laut seperti gempa bumi bawah laut dan longsor bawah laut
8. Jika terjadi gempa bumi dan gelombang tsunami, maka segeralah berlari menuju ke tempat yang lebih aman
• Fajari , L.E.W., & melisa, R (2022). The Development of Augmented Reality to Improve Critical Thinking and Digital Literacy Skills of Elementary School Students. Jurnal Riset Pedagogik
• Harefa, D. (2020). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis
• Okky Fajar Tri Maryana, dkk. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Buku Siswa Smp Kelas VIII. 2021