cover image dummy
Erapor SD DitSD

Erapor SD DitSD adalah sebuah aplikasi erapor SD berbasis web yang dirilis resmi oleh Direktorat Sekolah Dasar Kemendikdasmen.

Direktorat Sekolah Dasar resmi meluncurkan Aplikasi Rapor Elektronik (e-Rapor), yang perlu digunakan seluruh Sekolah Dasar. Aplikasi tersebut dirancang untuk memudahkan kepala sekolah dan guru dalam pengelolaan penilaian. Adapun fitur utama e-Rapor, antara lain:

1. Input Nilai Terstruktur. Guru dapat memasukkan nilai peserta didik secara lebih cepat dan rapi.

2. Integrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dengan menggunakan e-Rapor, seluruh data siswa tersinkron otomatis dengan Dapodik.

3. Rekapitulasi dan Analisis Nilai. e-Rapor dapat digunakan guru untuk merekap hasil belajar murid dan menganalisis capaian belajar mereka.

Adapun aplikasi tersebut, dapat langsung diunduh melalui tautan berikut: ( https://ditsd.kemendikdasmen.go.id/s/erapor2025 )

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk meminta/mengadvokasi sekolah-sekolah untuk menggunakan aplikasi e-Rapor SD dan memanfaatkannya.

SERING DITANYAKAN

E-Rapor SD bersumber data dari Dapodik, untuk itu perlu menarik data dari dapodik. Tidak harus terinstall namun ada langkah yang harus dilakukan. Silahkan cek pada buku Panduan.

Ya, aplikasi erapor sudah ada kokurikuler sesuai dengan buku panduan pembelajaran dan asesmen 2025, namun jika masih P5 aplikasi ini tetap bisa digunakan

Untuk mendukung instalasi updater e-Rapor SD Versi 2025.1 diperlukan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi :

✓ Processor Intel Core i3 atau yang setara atau lebih tinggi;.

✓ Memori Standar 4 GB DDR3 atau lebih tinggi;

✓ hard drive 256 GB SSD/1 TB HDD;

✓ Sistem Operasi Windows 8, 10, 11 atau Windows Server (64 Bit).

✓ Ruang kosong pada drive C minimal 20 GB.

✓ Komputer terpasang aplikasi peramban / web browser terbaru tanpa plugin misalnya chrome atau mozilla firefox.

✓ Untuk tampilan yang optimal, resolusi hardware pengguna di optimalkan dengan resolusi minimal 1024 px

Versi 2025

✓ Hasil Develove Ulang Framework terbaru.

Versi 2025.1

✓ Upgrade Database

✓ Upload Foto Siswa secara masal

✓ Nilai Profil Lulusan Pada K2013 login mulai Tahun Ajaran 2025/2026 Ganjil

✓ Nilai P3 Pada K2013 ketika pengguna login 2025/2026 Ganjil

✓ Nilai Deskripsi Sikap Mengacu Profil Lulusan Pada K2013 wali kelas login 2025/2026 Ganjil

✓ Perbaikan Fitur Nilai Deskripsi Sikap Mengacu Dimensi P3 Pada K2013 wali sebelum 2025/2026 Ganjil

✓ Menonaktifkan P5 login mulai 2025/2026 Ganjil

✓ Fitur P5 ketika pengguna login sebelum 25/26 Ganjil

✓ Kokurikuler ketika pengguna mulai 25/26 Ganjil

✓ Cetak rapor format Terbaru sesuai PPA 2025 mulai 25/26 Ganjil

✓ Perbaikan penambahan pembelajaran dan mata pelajaran

✓ Perbaikan import nilai rapor

✓ Fitur Transkrip Nilai ijazah

✓ Tampilan aplikasi e-Rapor SD

✓ Perbaikan sistem aplikasi dan menu secara menyeluruh

✓ Mengacu Kebijakan Perkembangan Kurikulum terbaru

✓ Log Progres Kerja Admin, Guru dan Wali Kelas

Anti virus kadang menghapus atau memblokir file erapor SD

Password default untuk login erapor sd adalah sebagai berikut:

LOGIN ADMIN

Username: administrator

Password: administrator

LOGIN GURU

Username: NIP / nama lengkap guru huruf kecil semua tanpa spasi

Password: @dikdasmen123456*

LOGIN SISWA

Usename: NISN

Password: erapor2025*

*Untuk menjamin keamanan silahkan ganti password yang kuat.

Pengerjaan erapor tidak harus online (terkoneksi internet), dapat digunakan secara offline (tapa terhubung ke internet)

Alamat IP itu seperti nomor rumah di jaringan. Setiap perangkat (laptop, HP, server) punya nomor sendiri agar saling menemukan. Contoh: 192.168.1.5 atau 192.168.100.10. Jika komputer server eRapor memiliki IP 192.168.1.5, maka guru bisa membuka eRapor lewat browser: http://192.168.1.5:8535.

Untuk membuka CMD di Windows:

1. klik Start,

2. ketik cmd, lalu buka Command Prompt.

3. Masukkan/ketik perintah ipconfig

4. Tekan enter

5. Maka akan tertera alamat IP

Saat eRapor dipakai bersama, server harus mengetahui alamat IP-nya. Cek lewat CMD dengan perintah ipconfig.

Semua perangkat guru harus tersambung ke WiFi yang sama, lalu membuka eRapor menggunakan IP server.

CMD membantu mengecek dan mengatur jaringan, misalnya dengan:

ipconfig (lihat IP),

ping (tes koneksi),

arp -a (lihat perangkat),

netstat -ano (cek port),

tracert (cek jalur internet).

UNDUHAN

00
Days
:
00
Hours
:
00
Minutes
:
00
Seconds

Tampilan e-Rapor

Fitur Cetak Rapor

Sumber Referensi:

1. https://ditsd.kemendikdasmen.go.id/

2. https://kurikulum.kemendikdasmen.go.id/

3. Akun resmi Sosmed Direktorat SD

4. Konten Kreator Pendidikan

Powered by

s.id logo
Cookie Preferences